Rumah

Desain Rumah 7×10

47

Meskipun memiliki lahan terbatas, tidak ada penghalang untuk memiliki rumah impian. Dengan perencanaan yang matang, lahan seluas 7 x 10 meter persegi dapat dioptimalkan menjadi rumah yang tidak hanya fungsional tapi juga tampil estetis. Beberapa ide desain yang dapat menjadi inspirasi antara lain adalah memanfaatkan ruang secara vertikal dengan memasang rak dinding untuk menyimpan barang-barang, menggunakan pintu geser untuk menghemat ruang, dan memilih furniture yang multifungsi seperti tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bawahnya. Dengan kreativitas dan perencanaan yang tepat, rumah impian dengan lahan terbatas tetap bisa direalisasikan.

Berikut beberapa ide desain yang dapat menjadi inspirasi:

1. Desain Minimalis untuk Kesan Luas

Rumah minimalis menjadi pilihan populer untuk lahan terbatas. Desain ini mengedepankan fungsionalitas, garis-garis yang tegas, minim ornamen, dan palet warna netral. Kesan ini memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dan lega.

2. Rumah 2 Lantai: Solusi Vertikal

Salah satu solusi memanfaatkan lahan terbatas adalah membangun secara vertikal. Desain rumah 2 lantai memaksimalkan luas bangunan. Lantai bawah umumnya difokuskan untuk area publik seperti ruang keluarga, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Sementara lantai atas dikhususkan untuk area privat seperti kamar tidur utama dan kamar anak.

3. Konsep Open-Plan: Minimalkan Sekat

Konsep open-plan kini digemari untuk menciptakan kesan ruangan lebih luas. Desain ini meminimalkan sekat seperti dinding sehingga area ruang tamu, ruang makan, dan dapur seolah menyatu. Tak hanya lapang, sirkulasi udara dan pencahayaan juga optimal.

4. Manfaatkan Loteng atau Mezzanine

Loteng atau mezzanine bisa menjadi solusi menambah ruang tanpa memakan banyak lahan. Area loteng dapat difungsikan sebagai ruang kerja, area santai, atau kamar tidur tambahan. Desain mezzanine yang posisinya di antara lantai dasar dan atas juga bisa memaksimalkan ruang vertikal.

5. Rooftop Garden untuk Area Hijau

Keberadaan area hijau bisa menambah kesegaran pada rumah. Rooftop garden dapat menjadi alternatif bagi yang minim lahan. Atap rumah dapat dimanfaatkan sebagai taman kecil yang asri, bahkan dapat ditanami sayur atau buah.

Tips Tambahan:

  • Furnitur Multifungsi: Pilih furnitur yang ringkas dan memiliki lebih dari satu fungsi. Misalnya, tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya.
  • Cermin untuk Ilusi Luas: Cermin besar dapat memantulkan cahaya dan memberi kesan ruangan lebih lapang.
  • Pencahayaan Maksimal: Optimalkan penggunaan cahaya alami dan tambahkan pencahayaan buatan yang cukup untuk mencegah kesan sempit.

Referensi Desain:

  • Website & Blog Desain Rumah: Cari beragam inspirasi desain rumah 7×10 dari website dan blog arsitektur seperti Rumah123 (https://www.rumah123.com/) atau Arsita (https://www.arsitag.com/)
  • Media Sosial: Platform seperti Instagram dan Pinterest juga menjadi sumber inspirasi desain rumah yang menarik dan praktis.

Dengan kreativitas dan perencanaan cermat, lahan 7×10 meter persegi dapat dioptimalkan menjadi rumah idaman yang nyaman, fungsional, sekaligus tampil menawan.

Exit mobile version